Pada hari rabu tanggal 20 Pebruari 2008 Fakultas Ekonomi Universitas Pasundan (Unpas) menerima kunjungan dari Pimpinan Fakultas dan Pimpinan Program Studi Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya. Tujuan utama kunjungan ini adalah untuk meningkatkan persahabatan dan kerja sama antar perguruan tinggi swasta. Tujuan lain mereka datang ke Unpas adalah ingin berbagi pengalaman dalam pengelolaan perguruan tinggi. Menurut pandangan mereka Unpas cukup berhasil dalam menjaga citra perguruan tinggi di masyarakat sehingga dapat tetap memperoleh kepercayaan yang tinggi dari masyarakat.
Selanjutnya mereka juga menganggap bahwa Unpas telah berhasil memberikan wahana bagi para dosen untuk banyak berkiprah di masyarakat dengan membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya dalam hubungannya dengan UMKM yang ada di Wilayah Jawa Barat.
Aktivitas dosen Unpas di masyarakat selama ini cukup tinggi dan dapat diperhitungkan keberadaannya. Hal ini menjadi daya tarik bagi FE. Unsil. Mereka ingin mengetahui bagaimana cara memotivasi dosen sehingga bendera Unpas cukup berkibar di masyarakat baik di tingkat Propinsi Jawa Barat maupun Nasional terlebih di daerah.

Kerja sama yang sudah dilakukan oleh Unpas dengan pihak luar sudah banyak dilakukan. Mungkinkah Unpas dapat bekerja sama dengan Unsil dalam melakukan kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian dosen, seminar dan pengabdian kepada masyarakat.
Sebagai sesama Perguruan Tinggi Swasta, nampaknya ajakan kerjasama ini perlu didukung dan ditindaklajuti sehingga tercapai sinergi yang saling menguntungkan
bagi kedua belah pihak. Bagi Unpas keberhasilan Unsil dalam mencari alternatif pebiayaan pendidikan melalui unit-unit usaha perlu dicontoh, karena selama ini Unpas hanya mengandalkan kepada dana DPP. Potensi lembaga pendidikan di bawah bendera Paguyuban Pasundan sangat besar, namun sayang sampai saat ini potensi itu belum dimanfaatkan secara optimal.Pertemuan kedua belah pihak dilakukan dalam suasana penuh kekeluargaan. Pertemuan diawali dengan sambutan dari pihak tuan rumah yang disambut oleh pihak tamu dan dilanjutkan dengan dialog.
Dalam acara dialog pihak tuan rumah merasa kagum oleh manajemen yayasan yang menaungi Unsil yang dapat mengelola unit-unit usaha seperti POM Bensin, BPR, Klinik kesehatan dan unit usaha lainnya. Unit-unit usaha ini menjadi salah satu sumber dalam pendanaan pendidikan di Unsil. Alangkah baiknya apabila Yayasan Pasundan pun dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki saat ini dengan mendirikan berbagai unit usaha yang mampu menghasilkan dana, sehingga pembiayaan pendidikan tidak hanya bergantung kepada dana DPP.
Pengelolaan DPP yang selama ini ada di Unpas, cukup menarik perhatian mereka, karena dianggap dapat memacu Fakultas dalam mengelola keuangan secara lebih kreatif tapi tetap terkendali dalam dalam upaya mempertahankan dan pengembangan fakultas.Dialog selanjutnya diarahkan pada pengelolaan bidang akademik, yang meliputi ; 1. Penggunaan Kurikulum nasional dan pengembangan kurikulum lokal serta mata kuliah pilihan. 2. Sistem penilaian;3. Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata dan Kuliah Praktek Kerja; 4. Penyusunan dan sidang sarjana (skripsi); 5. Perkuliahan pada setiap semester; 6. Pemberian tugas kepada dosen pengajar.
Pengelolaan bidang keuangan yang berupa DP dan DPP, sarana pendidikan dan lainnya. Pengelolaan bidang kemahasiswaan, yang meliputi : 1. Pengelolaan dana kemahasiswaan; 2.Pembinaan kelembagaan LEM, BEM dan HIMA.; 3. Bea siswa bagi mahasiswa.
Permasalahan PBM yang dihadapi FE Unpas dan FE Unsil ternyata hampir sama, terutama masalah rendahnya partisipasi dosen dalam pengawasan UTS dan UAS, padahal kegiatan itu merupakan bagian dari PBM yang harus dilakukan oleh Dosen.
Setelah acara dialog selesai, acara dilanjutkan dengan pertandingan tenis pesahabatan yang dilakukan di lapangan tenis komplek perumahan Babakan Jeruk terusan Pasteur.
Pertandingan dilakukan dalam susana penuh keceriaan, terlebih para pemainnya dari kedua belah pihak banyak yang baru bisa main alias ASPAK (asal nepak) dan ANGES (asal ngesang). Pertandingan berakhir pada jam 17.00 WIB dengan kedudukan Draw 4 kali menang, 4 kali kalah untuk masing-masing tim.*** http://www.unpas.ac.id/registrasi/home/modules.php?name=News&file=article&sid=86