Oleh :Dekan  ( FKIP ) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  Unpas Bandung

Pikiran Rakyat : Selasa, 11 Nopember 2008

 

Bandung PR.

    Anggota Tim ahli sertifikasi  Rayon X  Universitas  pendidikan Indonesia ( UPI ) yang juga Dekan Fakultas Keguruan  dan Ilmu Pendidikan ( FKIP ) Universitas  pasundan ( UNPAS ), Dadang Iskandar menyatakan siap membantu guru yang telah lulus sertifikasi untuk menagih pembayaran tunjangan profesi kepada pemerintah .Bahkan ,pihaknya bersama tujuh  perguruan tinggi  mitra rayon X  berencana menemui Menteri pendidikan Nasional, jika sampai akhir nopember ini pembayaran masih belum juga dilakukan .

    Janjinya November ini pembayaran tahap kedua akan dilakukan. Kita tunggu  sampai akhir November. Kalau ternyata masih belum cair, kami akan ke Jakarta untuk mencari tahu dimana  letak permasalahannya. Kita coba ke mendiknas, atau ke DPR kalau ternyata masalahnya ada di DPR”  kata Dadang saat di temui di sela- sela  pembagian sertifikat pendidik di unpas, jln Setiabudhi Bandung, senin ( 10/11 )

    Menurut Dadang, pencairan tunjangan profesi sejak awal pelaksanaan sertifikasi masih tersendat-sendat . Padahal, pemerintah telah menyediakan dana untuk pembayaran tunjangan ini. Tunjangan yang dibayarkan baru kepada sebagian guru, baik untuk kuota 2006 maupun 2007, ujarnya.

    Dadang menambahkan, untuk menghindari kemungkinan pungutan alam pembagian  sertifikat, perguruan tinggi pelaksana sertifikasi – termasuk mitranya- – membagikan secara langsung sertifikat secara langsung kepada sekitar 16.000 guru. Selain unpas, enam perguruan tinggi mitra UPI lainnya juga membagikan sertifikat secara langsung kepada guru yakni Universitas Siliwangi Tasikmalaya, Universitas Galuh Ciamis, Universitas Swadaya Gunung jati Cirebon, Universitas Kuningan, STKIP PGRI, Sukabumi, dan STKIP Siliwangi Cimahi.

    Terkait lambannya penyaluran tunjangan profesi bagi guru yang lulus sertifikasi, kepala Dinas Pendidikan provinsi Jawa Barat Dadang Dally mengatakan, hal tersebut terjadi karena dana dari pusat belum cair semua.” Tidak benar kalau dana dari pusat sudah cair sejak dulu tapi ditahan ditingkat provinsi.Tugas kami hanya melakukan verfikasi. Tapi insya Allah mulai bulan ini sudah bisa disalurkan,” ucapnya menapik isu yang berkembang di masyarakat.

    Sebelumnya, Rektor UPI Sunaryo Kartadinata menyatakan, harus ada perbedaan perlakuan dalam proses seleksi antara profesi guru yang berasal dari sarjana nonpendidikan dengan mereka yang berasal dari pendidikan keguruan ( A-157/CA-171)***