PIKIRAN RAKYAT
SENIN ( KLIWON) 1 JUNI 2009
7 JUMADIL AKHIR 1430 H
JUMADIL AKHIR 1942

PEMBANGUNAN DAERAH PROBISNIS

Keberhasilan pembangunan suatu daerah dapat dilihat dari beberapa indicator, seperti pertumbuhan ekonomi, kesempatan kerja, penduduk miskin, pengangguran, dan indeks pembangunan manusia ( IPM ).
Untuk mencapai keberhasilan atau pencapaian target-target pembangunan ekonomi daerah yang diinginkan otomatis diperlukan harmonisasi peran pemerintah dan pengusaha.Harmonisasi peran pemerintah dan pengusaha. Harmonisasi peran pemerintah dan pengusaha dapat berjalan optimal jika ada kesamaan persepsi antara kebijakan yan diambil pemerintah dengan stimulus yang diharapkan oleh pengusaha.
Pemerintah daerah dan pengusaha adalah dua kelompok yang paling berpengaruh dalam menentukan corak pertumbuhan ekonomi daerah. Sinergi antara keduanya utuk merencanakan bagaimana ekonomi daerah akan diarahkan perlu menjadi pemahaman bersama.
Pemerintah daerah dalam mempertahankan keberlanjutan pembangunan ekonomi daerahnya perlu memahami bahwa manajemen pembangunan daerah dapat memberikan pengaruh yan baik guna mencapai tujuan pembangunan eknomi yang diharapkan . Bila kebijakan manajemen pembangunan tidak tepat sasaran, akan mengakibatkan perlambatan laju pertumbuhan ekonomi. Maka, manajemen pembangunan daerah mempunyai potensi untuk meningkatkan pembangunan eknomi serta menciptakan peluang bisnis yang menguntungkan dalam mempercepat laju pertumbuhan ekonomi daerah.
Pemerintah daerah dapat memberikan informasi kepada para pelaku ekonomi di daerahnya ataupun di luar daerahnya yang berkaitan dengan kapan, dimana, dan apa saja jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan yan akan datang.Dengan cara ini, pihak pengusaha dapat mengetahui arah kebijakan pembangunan daerah yang diinginkan pemerintah daerah, sehingga dapat di gunakan sebagai dasar pertimbangan dalam menentukan rencana usahanya ke depan.
Pengusaha mengharapkan kepastian kebijakan.Kebijakan yang berubah-ubah akan membuat pengusaha kehilangan kepercayaan mengenai keseriusannya membangun ekonomi daera.Membangun kepercayaan perlu dilakukan secara terencana dan merupakan bagian dari upaya pembangunan daerah.
Pembangunan ekonomi daerah perlu memberikan solusi jangka pendek dan jangka panjang terhadap isu- isu ekonomi daerah yang dihadapi, dan perlu mengoreksi kebijakan yang tidak tepat sasaran. Pembangunan ekonomi daerah merupakan bagian dari pembangunan daerah secara menyeluruh. Dua prinsip dasar pengembangan ekonomi daerah yang perlu diperhatikan adalah ( 1) mengenali ekonomi wilayah dan (2) merumuskan pembangunan daerah yang probisnis.
Oleh : Yuyus Yudistira, wakil Sekretaris ISEI Cab. Bandung Koordinator Jabar, dosen prodi IE-FE Unpas,STIE Ekuitas.