PIKIRAN RAKYAT

Rabu ( Kliwon ) 27 Mei 2009
2 Jumadil akhir 1430 H
Jumadil akhir 1942

12 PTS TERIMA PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA

Bandung ( PR )
Dua puluh kelompok mahasiswa dari 12 perguruan tinggi swasta ( PTS ) Jawa Barat- Banten terpilih sebagai penerima program mahasiswa wirausaha ( PMW ) yang diselenggarakan Kopertis Wilayah IV. Sesudah dilangsungkan berbagai pelatihan, akan dikucurkan dana Rp. 40. juta bagi masing2 kelompok yang beranggotakan lima orang tersebut sebagai modal awal usaha mulai awal juni nanti.
Koordinator Kopertis Wilayah IV Abdul Hakim yang ditemui di ruang kerjanya, Selasa ( 26/5), berharap PMW mampu memunculkan keberlangsungan usaha itulah yang menjad tolok ukur keberhasilan program, “ ujarnya “.
PKM merupakan program baru yang diinisiasi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi ( Ditjen Dikti ) sejak tahun ini. Selain untuk PTS-PTS yang terwadahi di masing-masing Kopertis, program juga menyasar seluruh PTN. Jika di tiap kopertis dana Rp. 1 miliar diperebutkan oleh banyak PTS, sementara besaran dana yang sama atau lebih, dialokasikan bagi tiap- tiap PTN.hakim menilai, dana yang lebih besar diperlukan Kopertis untuk merangkul semakin banyak mahasiswa.
Dua belas PTS yang memperoleh PMW adalah univ. Winaya Mukti Jatinangor, Univ Swadaya Gunung Jati Cirebon, STIE 11 April Sumedang, Institut Teknologi Telkom Bandung, STIE Yasa Anggana Garut, Univ.Djuanda Bogor, Univ. Pasundan Bandung, Univ Islam Bandung, dan Univ Muhammadiyah Sukabumi. Proposal usaha yang diajukan beragam, mulai dari usaha pemanfaatan limbah plastic, kecambah kacang hijau, pembesaran ikan mas, sampai penjualan bakso jamur tiram.
Kepala bagain Akademik dan Kemahasiswaan Sudarsono mengungkapkan, setelah pemberian modal awal juni nanti, masing- masing kelompok akan memulai usaha bersama dosen pendamping. “ Di akhir tahun, kita adakan evaluasi program. Kita harapkan ada keberlangsungan usaha yang terjaga baik. Kopertis akan terus memonitor, “ katanya.***