Rohmat Sarman

Jangan pikir itu “sederhana”… tapi berbuatlah…

Review Blog Mahasiswa Ekonomi

Setelah mendapat respons yang cukup positip tentang review blog dosen ekonomi, pikiran ini jadi terus menukik. Tulisan Luciana Spica Almilia yang terkesan agak menantang, Dosen Ekonomi NgeBlog ….. Siapa Takut!!! merupakan sebuah bukti respon. Harapanku, semoga saja dari berbagai respons yang muncul, dosen ekonomi dapat meramaikan jagat perblogan.

Tak apalah… easy going… nanti pun jika stimulus per IT an terus diberikan kepada dosen, pasti ada rasa keiinginan untuk ngeblog menjadi semakin tinggi. Berangkat dari keprihatinan kurangnya dosen di bidang ekonomi yang ngeblog, malah membuatku tambah penasaran kepada Mahasiswa ekonomi. Jangan-jangan? Alih2, kini aku ingin melihat aktivitas mahasiswa ekonomi yang ngeblog.

Sebenarnya ini bukan penyelidikan ilmiah karena tidak bisa dinilai untuk kenaikan pangkat seorang dosen! (huhu… sepertinya harus bikin masukan ke DIKTI bahwa blog dosen perlu dipertimbangkan dalam penilaian kepangkatan!). Ah… ada-ada saja! Jadi tambah pekerjaan tuh buat Direktorat Pendidikan Tinggi. Tetapi memang, jika IT (ngenet) ini semakin ramai dan mudah, ada kecenderungan si Dosen mengekpresikan dirinya di Blog. Hmm… sudahlah Rohmat… pikirannya jangan terlalu dibawa melangit! Ngeblog itu, bukan hanya sekedar melek IT, tetapi yang paling penting, kegiatan tulis menulisnya! Selagi Dosen males nulis, maka tetap saja, blognya ngga berkembang. Hehehe… Pak Dosen dan Bu Dosen… Nulis Euy!!!

Sudah… sudah… mari kembali ke Laptop!

Pola penyelidikan dalam menelusuri mahasiswa ekonomi ngeblog sama modusnya dengan pola disini. Namun aku ingin pake hipotesis (biar agak keren sedikit!) sekalipun ini bukan penelitian ilmiah. Kelompok mahasiswa ekonomi lebih banyak ngeblog berbanding kelompok dosen ekonomi karena “kemelekkan” dan “care” kelompok mahasiswa kepada IT lebih responsif berbanding kelompok dosen. Betul ngga yah? Sebagai dosen aku mendo’akan supaya hipotesis itu salah. Malu deh… ya ngga Bu Luci, Pak Riri, Pak Adit? Tetapi, lagi-lagi kita harus menerima pada hasil penelitian (sekalipun ini bukan penelitian ilmiah… ya penelitian apapun lah… hehehe) .

Untuk membuktikan hipotesis, dalam suatu penelitian perlu pengujian… dan mari kita uji hipotesis di atas dengan memakai metode yang sudah ditetapkan: dengan memakai key word: mahasiswa ekonomi, mahasiswa manajemen dan mahasiswa akuntansi.

(Saya mohon maaf, tidak meminta izin dulu kepada yang punya blog yang diulas disini. Tetapi apabila merasa keberatan, tolong kirim email ke blog [at] rohmat.web.id. Tentu saja saya akan menghargai keberatannya dan akan saya edit tulisan ini)

Ichsan Mufti keturunan Aceh yang lahir di Medan 23 tahun lalu, kini sedang kuliah di Program Studi Akuntansi STIE YKPN Yogjakarta (Masih kuliah Mas Ichsan? Atau sudah jadi alumni nih?). hAnYa sEbUaH sPiRiTuAL bLoGâ„¢ adalah judul blognya. Dari situ kelihatan, isi blog Ichsan Mufti memang sangat sesuai dengan ghirah nya mengepak sayap menjangkau ke ketinggian agamanya (Islam). Dari beberapa apresiasi yang diberikan oleh pengunjung blognya, kebanyakan merasa salut untuk Mas Ichsan. Terutama salut kepada aktivitas yang dilakukan selama ini, dan salut kepada kedewasaan spiritual seumuran pemuda 23 tahunan.

Ichsan Mufti, selain menekuni dunia kampus, ia juga merupakan aktivis “ekonomi syariah” sekaligus penulis. Keikutsertaannya di Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam dan Forum Lingkar Pena Jogja membuktikan bahwa Ichsan istiqamah di bidangnya (semoga mas!). Ngeblog yang dimulai bulan Nopember 2006 sampai 9 April 2007 sudah berisi 55 posting. Kalau dirata-ratakan, ya sekitar 10 posting per bulan atau 3 hari satu postingannya. Hmm… sungguh membanggakan, sekalipun masih kuliah dan banyak aktivitas diluar kampus, ternyata tidak menjadi halangan “detak jantung” nya terekam dalam blognya. Satu hal yang menarik adalah pesan Ichsan Mufti kepada adiknya yang saya ambil disini.

Buat kedua adikku (Arief Mizan dan Muhammad Achyar), Jangan pernah pasang cita-cita kalian ditempat yang rendah, karena jika demikian…. kalian takkan pernah bisa terbang.

Agung mahasiswa Program Studi Manajemen FE Universitas Katolik Indonesia Atmajaya merupakan sosok aktivis di kampusnya. Namun begitu, ia tidak ingin kegundahan kesehariannya terlewatkan begitu saja. Belajar Untuk Tidak Menjadi Bodoh merupakan judul blognya, dan kegundahannnya ditumpahkan disini, selain juga di FS. Ketertarikannya kepada dunia IT dari seorang Agung, kelihatannya sangat kental. Dari kategori postingan per 9 April 2007, kategori Teknologi Informasi di blognya cukup mendominasi sebanyak 22 posting. Disusul oleh kategori Ekonomi menempati ranking kedua yaitu sebanyak 14 posting.

Ngeblog yang dimulai pada 26 Januari 2007 sampai 9 April 2007, Agung telah mencapai prestasi 71 postingan. Apabila dirata-ratakan perbulannya melakukan posting sebanyak 20 an tulisan. Itu artinya, Agung menulis di Blognya hampir 1 tulisan dalam kurun waktu 2 hari. Sungguh merupakan kinerja yang perlu diapresiasi. Sempet-sempetnya yah nulis sebegitu! (hehehe). Itu tuh dilakukan setelah hobi Agung juga tidak dilewatkan, terutama hobi memburu makanan yang ueenak-ueenak! Selamat yah Gung! Anda layak dapat ***.

Lawrance membangun taman-kecil nya didunia maya melalui Blog. Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini mulai ngeblog tanggal 5 Januari 2007. Dari isi blognya, Lawrance orangnya puitis (hehehe…). Tetapi kepuitisannya malah membuat perenungannya menjadi cukup menyentuh stigma substansi yang ingin dia ungkapkan. Hmm… saya jadi ingat… ternyata karya sastra itu tidak hanya dimiliki oleh orang yang bergelut di bidang sastra. Sastra ya milik semua orang! Atau lebih jauhnya, kira-kira… Surga itu bukan hanya kapling untuk para Ustadz saja! Kitapun yang bukan ustadz berhak untuk memilikinya.

Lawrance, kalau dilihat dari umur sih masih muda banget! 20 tahun coy!… tetapi menilik karyanya… memang sungguh membanggakan. Semoga saja banyak mahasiswa eknomi menjadi penulis handal… Ia ngga Lawrance?

Yusuf Suwandi asal Tegal yang kuliah di Semarang ini lahir pada tanggal 20 Juli 1985. Angkatan 2004 di FE UNISSULA Semarang merupakan sosok aktivis kampus. Pegiat BASENOM Kewirausahaan di kampusnya, getol juga mengikuti lomba karya tulis. Ya… arah yang sudah betul… (ia ngga sih?). Yusuf juga ternyata sprinter lari 200 M loh! Kegiatan olahraga yang ditekuninya tidak tanggung-tanggung, juara 2 cabang atletik 200 M se Kodya Tegal! Wow… keren!

Aktif ngeblog mulai Januari 2007. Walaupun kelihatannya mandeg sejak Maret 2007 semoga saja Yusuf back to Blog… ya ngga Suf?

Hmm… Mr googlenya ngadat! tidak bisa diakses (9 April 2007 jam 2 WIB) entah sampai kapan? Nunggu lama… akhirnya ketiduran…, Bangun untuk shalat subuh… dan kembali mesin pencari yang hebat sembuh kembali, hehehe.

Mari kembali ke…. Laptop.

Taufik Jamil Alfarau mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Lampung ini agak nyentrik! Obsesinya tidak bisa dianggap enteng untuk ukuran mahasiswa. Menemukan teori ekonomi Baru! Wow… Cita-citanya sih ingin mengalahkan Bill Gates dan membuat malu George Sorosz. Sebagai dosen, apapun itu namanya, sekali lagi aku sangat memberikan apresiasi…

Diantara mahasiswa ekonomi yang telah dibahas di atas. Taufik lah yang terjun ngeblog lebih awal. Ngeblognya dimulai dari bulan April 2006. Dengan gaya bahasanya yang khas, Taufik banyak menyuarakan kegundahan dalam mensikapi lingkungannya. So… mahasiswa memang harusnya seperti itu! Karena, jika nanti mau membuat skripsi (nah lo…. jakasembung nih!) kepedulian kepada lingkungan (bisa jadi kepedulian dengan memandang negatif maupun positif) ==> Fenomena <== namanya, dapat diangkat menjadi topik penulisan tugas Akhir.

Dengan begitu, semoga Taufik menemukan teori baru! Tidak mengalahkan Bill Gates atau tidak dapat membuat malu Goerge Sorosz juga tidak apa! Yang penting selesai dan kalau ada rizki dan minat… terus sekolah lagi! Iya ngga Fik?

Farah Putri adalah blogger mahasiswa ekonomi berjenis kelamin perempuan. Farah adalah mahasiswa semester 3 Ekonomi Manajemen di Universitas Bina Nusantara. Kompilasi Kehidupan adalah judul blognya. Mari kita simak pengakuannya bagaimana dia memandang sebuah blog kompilasi kehidupan yang saya ambil di head blognya:

Hanya sebuah tempat biasa, tempat dimana saya bisa melarikan diri sejenak dan membenamkan diri dari segala macam persoalan dan masalah. Wadah dimana saya bisa bebas menjadi diri sendiri, bebas berkata apa saja yang saya mau,bebas melakukan apa saja yang saya anggap benar. Hanya sebuah tempat yang berisi sesuatu yang diharapkan menjadi sesuatu yang berguna. Menjadi sesuatu yang bermanfaat, menginspirasi dan memotivasi, bukan cuma bagi saya, tetapi kamu juga.

Gadis yang tinggal di selatan Jakarta ini merasa cukup bahagia dengan apa yang dia punya dan kini sedang merencanakan sesuatu yang manis untuk hari depan. Ayo… siapa yang mau ikut dalam rencanaya?!

Shamien Aroengbinang mahasiswa Ilmu Ekonomi Universitas Indonesia ini gaul abis! Ekspresinya yang blak-blakan membuat Shamien terlihat pendukung gerakan transparansi kehidupan! Bagi Shamien dunia ngeblog sudah ditekuninya sejak SMA. Alumni SMA 61 Jakarta yang kemudian ngelanjutin di IE FE UI ini telah menjadikan blognya sebagai tempat curahan dikala senang dan sedih!

Cita-cita Shamien sih pengen jadi psikolog (ceile… kok aku jadi gaul gini bahasanya! terpengaruh Shamien nih) eh dapetnya malah Ilmu Ekonomi UI, jauh banget! Menurut pengakuannya, Nimas merasa bahagia di IE UI… kuliah sambil hepi kan bagus! Semoga, hari-hari berjalan… kuliah tidak merasa tersiksa! ya ga Ayu?

Helena Yurike Hartono berumur 20 Tahun, kini sedang kuliah di Program Akuntansi FE Universitas Atmajaya Yogyakarta. Gadis kelahiran Purwokerto 3 Juli 1987 ini hobinya membaca, berenang dan jalan-jalan. Helen merupakan sosok mahasiswa pendatang baru di dunia Blog. Jadi wajar saja jika sejak 17 Februari 2007 isi blognya baru yang inti-intinya saja. Tetapi aku bersyukur… isinya yang to the point, memudahkan untuk menganalisisnya. Akhirnya… ku tunggu dikau (Helen) di dunia Blog!

Muhammad Hamdan tepat sekali disebut aktivis kampus. Anak Jepara yang hijrah ke Semarang, baru-baru ini terpilih sebagai ketua BEM FE UNNES. Selamat yah! Semoga Anda dapat membawa pencerahan kawan-kawan mahasiswa. Mulai ngeblog dari bulan Februari 2005. Hanya saja, dari Januari 2007 blognya mandeg ga diisi-isi. Sibuk yah jadi Ketua BEM? Ah… sebenarnya bisa… nyempetin dikit..! Hehehe.

Dari isi blognya, Hamdan banyak menyajikan napas spiritual dalam postingnya. Tuhan Karuniakan Akal dan Hati untuk Mendekat Pada-Nya merupakan judul Blognya. Nuansa religi dalam diri seorang Hamdan sangatlah wajar. Terdidik dan dibesarkan dalam lingkungan santri membekas dalam hidup kesehariannya. Sebelumnya, Hamdan juga sosok mahasiswa jurnalis. Pernah jadi Pemred Buletin EXPRESS dan setelah jadi Ketua BEM FE UNNES, di buletin aktivitasnya hanya membackup per-layout-an.

Walakhir, Kita tunggu nih posting-posting selanjutnya setelah jadi Ketua BEM? …

Dari search result blog search google, dengan memakai kata kunci: mahasiswa ekonomi, mahasiswa manajemen dan mahasiswa akutansi, blog yang terdeteksi hasilnya sembilan orang mahasiswa. Dibandingkan dengan dosen ekonomi, hasilnya lebih banyak mahasiswa yang ngeblog. Saya tidak akan coba mengulas kuantitas antara komunitas dosen dengan komunitas mahasiswa yang ngeblog. Karena memang standar ukurnya berbeda! Dari sisi jumlah saja, jelas… mahasiswa lebih banyak berbanding dosennya.

BTW, paling tidak, hipotesis saya sudah terjawab dan hasilnya sesuai setelah dilakukan pengujian. Hehehe…

Anda punya pendapat?

Popularity: 100% [?]


Tulisan ini

Bertajuk “Review Blog Mahasiswa Ekonomi,” terdapat dalam blog Rohmat Sarman

Dipublikasikan pada:

04.09.07 / jam 2am

Masuk dalam kategori:

Ekonomi, Opini

Postingan yang banyak dibaca…

Komentar Terkini

  • Bibing Sudarman: Pendidikan merupakan investasi yang tak ternilai…
  • Hasannuh: Si Akang malah berhenti sejenak, sementara saya baru memulai…
  • dadang firdaos: maju terus pantang berhenti dan mundur. bolehlah istirahat…
  • kambeeng: Ass Kang, Hapunten Abdi bilih .. mapatahan ngojay ka meri…,…
  • neng ida: adik ku itu sangat imut kan nama ku waridatun amaly aku putri ke2…

 


Terdapat 16 komentar

mau berkomentar? | komentar rss [?] | kembali [?]

  1. ichsanmufti 04.09.07 / 3am

Sejenak hati saya mengkerut.. saya beristighfar karena sungguh diri yang masih sangat berkekurangan ini direview dengan gambaran yang terlalu hebat, jauh dari yang dapat saya bayangkan tentang diri saya sendiri.

Namun disisi lain saya mengucapkan terima kasih buat mas rahmat, atas pecutan ini. Pecutan yang semoga membuat saya tidak mengecewakan orang-orang disekeliling saya.

Ada pun alasan saya terus go-blog ini tak lain karena didorong oleh keyakinan saya bahwasanya kebahagiaan itu akan berlipat ganda terasa jika ia dinikmati bersama manusia yang lain.

*Salam kenal buat teman2 mahasiswa korban yang direview ama mas Rohmat :p

  1. shamien aroengbinang 04.09.07 / 7am

entah kenapa ya dari sekian ratus sample FE, sekian ratus mahasiswa/i, khusunya yang nge-blog, khususnya lagi yang menganut aliran ‘transparansi’ apalah itu, kenapa blog saya yang kepilih? hhmm.. kalo diitung pake probabilita poisson tuh keluar angka brapa y?

hehehe..

gak keberatan pak.. review yang bagus, segar, dan ngasi contoh yang variatif.. dtunggu penelitian selanjutnya..

  1. Lawrance 04.09.07 / 3pm

makasih sudah di review mas. haha saya tidak mencoba puitis kok. cuma hidup saya sudah terlalu sumpek sama analisis ekonomi, regresi ini-itu, statistika, ekonometrika, dan lain lain.

Padahal dulu Adam Smith membangun ilmu ekonomi dari filsafat dan sentuhan logika awam. Hehe, jadi sesekali bolehlah kalau sedang bosan dengan absolutisme dan rasionalitas angka, kita sedikit ‘tidur2an’ di kedamaian dan kesejukan relatifitas imajinasi yang puitis.. hehe

salam!

  1. ichsanmufti 04.11.07 / 3am

Hi hi.. jadi malu sendiri baca komen saya di atas, biasa aja kenapa san?!!!-maklum ketika itu sedang sensitif abis😀.

Hmmm.. Saya baru sadar blog saya masuk hlaman pertama google dengan kata kunci “mahasiswa ekonomi” hanya karena pstingan saya tentang DR.Ugi Suharto. Padahal selebihnya content blog saya saya miskin pengkajian masalah ekonomi lho.

Saya juga bertanya2 lho kok sedikit amat mahasiswa ekonomi yang ngeblog, padahal kebanyakan kampus telah menyediakan akses internet gratis bahkan wifi dengan acces point yang bertebaran dan memiliki banyak waktu luang. Hal ini berbeda sekali dengan para dosen yang walaupun telah disediakan fasilitas internet di ruang masing2 tetap saja mereka bersemboyam; Iiiih ngeblog?!!! MANA SEMPAT😛, sebagaimana yang diakui oleh bu luci tentang rekan2nya di sini

  1. Rohmat Sarman 04.11.07 / 3am

Hehehe… jadi penasaran nih… mas Ichsan ngecek di google… coba mas pegri ke google nya bukan google search blog… ketik dosen ekonomi: terserah mau pake tanda petik atau ngga! siapa coba yang muncul… hehehe… berkat “niche content” yang cermat….

  1. Hamdan 04.12.07 / 4am

Lama nggak up date blog, tau-tau ada comment-nya mas Rokhmat. Ngasih tau blog ane di review. Setelah ane buka,…he..he..jadi malu. Salam kenal dan makasih sarannya ya. Buat mas Mufti juga, kita senasib…..

  1. Nieke,, 04.18.07 / 4pm

waw,,, heubad.. banyak juga anak ekonomi ngeblog.. tak kirain pd sibuk mikirin perekonomian Indonesia doank.. apa sibuk mikirin Y = C + S, ahahaaa..

overall.. gud review, pak

  1. Samrin 04.23.07 / 8am

Subhanalloh,ternyata ada juga.Tolong blog saya didaftarin juga yaaaaaaaaaa!!!! trims

  1. Dadang Suherman 07.27.07 / 4am

Mat, gimana kabarnya ? Kalau ngeblog kok jalan terus cuma jangan lupa kasih informasi perkembangan di jiran. Dan pikirkan juga bagaimana fakultas kita harus maju. Soalnya, dengan kondisi begini susah maju-maju ya. Please inspirasinya, dan pemikiran-pemikiran segar yang genial dan lebih berwarna buat kita di Ina. Oke? tapi tetap sesuatu yang bisa semua ketawa. Ha…Ha…Ha…

  1. Aulia 09.12.07 / 1pm

Salam kenal, Pak.

Kalo boleh nambah ada tuh blog keren nofieiman.com
Kabarnya sih dia mahasiswa accounting FE UGM. Tp gak tau deh skrg dah lulus ato blm…

  1. lingga wardana 01.14.08 / 2am

betul2..apakah artinya kalo tidak ada dosen yang menilai…
hehe…mampir ya pak..

http://economicslaterreview.blogspot.com/

  1. Echa 03.17.08 / 8am

salam kenal, sekarang dah bkn mahasiswi yg merangkap ibu rmh tangga plus ngantor…jd bisa disempet2in ngeblog. kalo ada referensi all-in ekonomi syariah boleh dong, lagi mo fokus nih…

  1. Hendra Kusuma 07.20.08 / 12pm

Iseng iseng browsing ketemu blog ini, dengan PDnya saya pikir Blog saya dimasukin disini… hehehe :hammer:

Salam Kenal Semua….
Jangan Lupa mampir di Blog Saya… “Butuh koment ga enak kalau nge blog ga ada komen”

  1. Yasinta 10.17.08 / 9am

Mas Rohmat, tambahin donk blog-ku di list diatas, hehehe…. Aku jg mahasiswa ekonomi nih, tepatnya di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Blogku bnyk berisi topik2 ekonomi, manajemen, dan finansial..
Moga berkenan, Met kenal..

  1. Lawrance 10.21.08 / 6am

mas.. makasih udah pernah cantumin blog-ku…

tapi blog saya sudah pindah breg-abreg…. dan fokusnya sudah ke bahasan ekonomi…

kapan2 cek yahh… http://www.wikinomic.co.cc

thx.

best regard

  1. muhamadmuiz 02.03.09 / 4pm

Salam kenal semua.
ada anak ekonomi juga nih di sini…
wah, menggairahkan juga kalo misalnya ada komunitas anak ekonomi…

Silahkan komentarnya ditulis di bawah ini…

XHTML: Anda dapat menggunakan tags: <a href=”” title=””> <abbr title=””> <acronym title=””> <b> <blockquote cite=””> <cite> <code> <del datetime=””> <em> <i> <q cite=””> <strike> <strong>

Nama Anda (diperlukan)
Email Anda (diperlukan)
Weblog (jika ada)

sopanlah…


Pages

Monthly Archives

Categories

Recently


Copyright @ 2007 Rohmat Sarman, Theme telah mengalami perubahan dari bentuk asalnya.

top

in

out

mail

ga

ir

  You!
Join My Community
                       
View Reader Community
Join this Community
(provided by MyBlogLog)

 

LINKS
– Kesalehan Sosial –    – Krisis Multidimensi –    – Motivasi Islami –    – MSDM –    – Sumber Daya Muslim –    – Pengusaha Muslim –   
– Pemberdayaan Komunitas –    – Radio Komunitas Nurul Hidayah –    – Taman Baca Tepas Elmu –   
– Radio Komunitas –    – Usaha Mikro –    – Pedagang Kaki Lima –    – Menanam Bunga –   

PERSONAL BLOGS
– Aditiawan Chandra –    – Anton B Pranata –    – A. Fatih Syuhud –    – Fauzan Longgar –    – Hendra Syahputra –    – Ila Piet –    – Indrianita –   
– Luciana Spica Almilia –    – Muhammad Syukri Salleh –    – Pepie Diptyana –    – Rini Salwa Akbar –    – Syarif Mawahib –   
– Unis Sagena Hasyim –    – Zaenal Arifin –    – Karya Fansuri-   

INSTITUTIONS
– UNPAS –    – FE UNPAS –    – PASCA UNPAS –   – UNPAD –    – NU MALAYSIA-    – PBNU –    – UKM –    – USM –   – ISDEV USM –    – CPR USM –    – JRK JABAR –   

             
           
       

 Advertisement