Lima  PT  di  Jawa  Barat  Terbaik

Tingkat  Asia

BANDUNG, (PR).-
Lima perguruan tinggi (PT) yang berlokasi di Jawa Barat masuk dalam  jajaran perguruan tinggi terbaik tingkat Asia  berdasarkan fakultas tingkat internasional versi  Quacquarelli Symonds (www.topuniversities.com) yang didapat melalui survei di tahun 2009. Salah satunya Universitas Pasundan (Unpas) yang berada di urutan ketiga. Hal tersebut diungkapkan Ketua Forum Rektor Jawa Barat dan Banten  Prof. Didi Turmudzi, Senin (8/3) di Bandung.

Menurut Didi, hal yang menggembirakan lagi, tiga dari lima perguruan tinggi tersebut berlokasi di Bandung. Yakni Unpas, Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Katolik Maranatha.

”Dari 406 perguruan tinggi se-Asia yang lolos dalam peringkatan versi QS , 36 perguruan tinggi di antaranya adalah perguruan tinggi negeri dan swasta Indonesia.  Tujuh belas di antaranya terpilih sebagai perguruan tinggi terbaik tingkat Asia berdasarkan fakultas tingkat internasional versi QS,” ucapnya.

 Menurut Didi, dalam peringkat QS yang berkedudukan di London ini, urutan pertama ditempati oleh Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, kedua Institut Pertanian Bogor, dan ketiga Universitas Pasundan Bandung. Selain berdasarkan fakultas tingkat internasional, menurut Didi, QS juga mengumumkan 36 perguruan tinggi terbaik Indonesia di tingkat Asia untuk kriteria kesejajaran akademik. Posisi pertama ditempati  Universitas Indonesia, kedua ITB, dan ketiga Universitas Airlangga.

Beberapa perguruan tinggi lainnya di Jawa Barat yang masuk kriteria ini adalah IPB di urutan ke-4, Unpad urutan ke-10, Universitas Katolik Parahyangan urutan ke-17, Universitas Kristen Maranatha dan Unpas di urutan ke-28, serta Politeknik Negeri Bandung di urutan ke-34.

”Sementara itu, untuk penilaian berdasarkan karya ilmiah (makalah) per fakultas, ITB berada di urutan pertama, IPB kedua, dan UI ketiga. Perguruan tinggi Jawa Barat yang berhasil masuk hingga urutan 23 adalah Unpad (ke-7), Unpar (ke-16), dan Unpas (ke-22),” ucapnya. (A-157)***

Penulis: Bandung : Pikiran Rakyat : Kamis ( pon ) 11 Maret 2010

Back